Jalur Menuju Pulau Gili Labak Madura

Hay gaes, kembali di caradhika pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman jalur menuju pulau gili labak madura. Buat kalian yang mau trevelling kesana artikel ini bisa buat pedoman kalian. pulau yang terletak di kawasan madura ini termasuk tempat wisata jawa timur yang jarang dikunjungi.

Madura merupakan pulau yang terletak di sebelah timur laut jawa timur. Yang mempunyai jumlah pulau kurang lebih 127 pulau. Besarnya pulau madura kurang lebih 5168 km2. Pulau ini mempunyai 4 kabupaten yaitu kabupaten sampang, bangkalan, pamekasan, dan smenep.

Pulau yang terkenal dengan budaya tradisionalnya kerapan sapi dan dengan pengaruh islamnya yang sangat kuat. Selain itu  madura juga terkenal sebagai pulau pemasok garam nasional di Indonesia. Tak kalah menariknya bnyak tempat wisata alam yang sangat menajubkan di pulau madura ini. Yang terletak pada daerah kabupaten sumenep yang mempunyai beberapa gili yang sangat indah nan cantik. Salah satunya yaitu gili labak yang memiliki pasir putih yang sangat bersih desiran ombak yang tenang birunya air laut yang membuat mata kita jadi jatuhnya dengan tempat ini. Pulau yang dulunya punya sebutan pulau tikus karena dulunya pulau ini tempat sarang tikus. Namun dengan kehadirannya penghuni sebanyak 35 kepala keluarga dengan berjalannya waktu tikus-tikus itu meningglkan pulau ini.

Jalur Menuju Pulau Gili Labak Madura

Nah kali ini akan aku ceritakan pengalaman  perjalananku menuju pulau nan cantik ini, awalnya sih kemarin hanya berencana doang untuk ke pulau ini, selalu di pending gara-gara banyak urusan yang harus diselesaikan. Dan pada akhirnya aku dapat cuti 2 hari jadi bisa gak bisa harus pergi kesana, saking uda nyidam banget buat pergi kesana dri dulu yang belum kesampaian. Akhirnya kita minta tolong temen yang ada di madura untuk membooking perahu penyebrangan menuju ke gili labak. Setelah kita uda deal booking penyebrangan dengan 8 orang, nah ada 3 temen yang gak jadi ikutan pergi. Di sini pusing naah kita setelah semuanya deal tinggal berangkat berkurang anggotanya. Dari sini kita harus mutar otak gimana caranya agar tetep bisa berngkat kesana, dan pada akhirnya kita buka open trip dan akhirnya alhamdulilah banget banyak yg berminat buat pergi kesana. Meskipun tak saling kenal sih tapi pada akhirnya kita jadi akrab. Tepat pada tanggal 15 mei 2017 akhirnya berangkat juga ke gili labak , pulau indah yang tak kalah indahnya dengan gili yang di miliki Lombok. Tak perlu jauh-jauh pergi ke lombok untuk menikmati keindahan pulau. Sebelum berangkat kita mempersiapkan segala peralatan camp dan pancing karena kita berencana untuk ngecam  dan mancing sambil menikmati bersihnya pulau ini. Perkiraan perjalanan kita dari tulungaggung ke daerah sumenep sekitar 7-8 jamanlah, tapi ternyata perjalanan kita dari tulungaggung ke daerah sumenep kita tempuh selama 10 jam. Kita berangkat dari jam 09.00 sampai sumenep jam 19.00. Sampai sumenep kita ketemuanlah sama pak tukang perahu yang nyebragin kita ke gili labak. Berhubung kita kita sampainya kemalaman akhirnya kita gagal nyebrang pada hari itu juga. Otomatis kita juga gagal buat ngecamp disana juga pastinya, ada siih rasa kecewa setelah kita mempersiapkan semua alat camp dan lain-lain. Tapi rasa kecewa itu terbayar dengan baik hatinya bapak tukang perahu yang mengajak kita buat keliling kabupaten sumenep, menikmati udara malamnya kabupaten sumenep. Setelah udah capek dan ngantuknya mata kita setelah perjalanan jauh beberapa jam akhirnya kita balik ke rumah bapak tukang perahu istrahat disana sambil nunggu jam besok untuk berangkat nyebrang menuju gili labak. Yang awalnya kita berencana nyebrang jam 03.00 dan pada akhirnya kita nyebrang jam 05.00 berangkat ke pelabuhan kali anget. Biasalah ya orang indonesia jamnya jam karet rencana tak sesuai dengan kenyataannya hohohohohoho ........

Untuk akses menuju gili labak ini kita  nyebrang dengan menggunakan perahu dari pelabuhan kali anget dengan jarak tempuh sampai gili labak kurang lebih  sekitar 2 jam. Terhitung lama juga ya kalau kita perjalanan laut, pasti akan ngeri juga kalau d banayngkan kita nyebrang laut dengan hanya naik perahu selama 2 jam dengan di ombang ambingnya ombak laut. Tpi jangan khawatir bapak perahunya sudah pada pinter pinter kok uda tau kondisi lautnya, kalau kalian berangkatnya pagi jam 5 di tengah perjalanan nanti kalian akan disugguhkan pemandangan yang tidak kalah indahnya yaitu dengan munculnya sunrice yang begitu indah, jadi kalian bisa ambil foto yang bagus untuk nambah galeri foto kalian. Kalau kalian barengan sama pasangan kalian, kaian bisa kok foto kek film ala ala titanic gitu daah tapi inget ya ini hanya sebuah perahu lo ya bukan kapal jadi harus tetap utamakan safety yaa hehehehhehe........

Setelah perjalan 2 jam dan akhirnya kita sampailah di pulau cantik yang bikin kita terpesona dengan keindahannya. Dengan putihnya pasir yang lembut, biru nan jernihnya air laut serta desiran ombak yang menyambut kedatangan kita untuk menikmati suasana bersih dan indahnya pulau ini. Tak akan pernah rugi datang ketempat ini meskipun perjalannya yang lama, tapi setelah sampai tempat ini di jamin semua rasa capeknya bakal ilang. Memang ciptaan TUHAN itu paling indah, maka dri itu tetaplah selau bersyukur karena masih di beri kesempatan Tuhan untuk menikmati ciptaanNYA. Setelah istrah bentar kita di ajak  tour guide untuk mengeliling gili labak untuk melihat keindahannya, dia juga akan menceritakan tentang gili labak, jadi bisa buat tambah pengetahuan juga ya gaes . Meskipun panas banget tapi itu tidak akan terasa ketika kalian sudah merasakan suasa dan indahnya pulau ini. Tapi tetep jangan lupa bawa sunblok lo ya gaes heheheheh......

Jalur Menuju Pulau Gili Labak Madura

Setelah kita mengelilingi pulau cantik ini tak sabar kita untuk snorkling menikmati keindahan bawah lautnya melihat indahnya terumbu karang yang di hiasi dengan mondar mandirnya berbagai jenis ikan nan cantik dengan barwana indah yang di milikinya. Jangan lupa untuk ambil dokumentasi kalian ketika menikmati indah bawah lautnya. Bagi kalian yang gak bisa renang jangan khawatir akan di sediakan pelampung dan pendamping buat kalian yang gak bisa renang jadi kalian masih bisa melihat keindahan bawah lautnya gili labak. Berhubung waktunya udah menyuruh kita untuk harus kembali pulang  dan kita pun juga udan mengantongi dokumentasi untuk menambah galeri kita akhirnya kita mulai berkemas- kemas untuk nyebrang lagi dan kembali ke kota kita.

Sekian artikel ini saya buat semoga bermanfaat untuk kalian yang bingung Jalur Menuju Pulau Gili Labak Madura. semoga liburan kalian lancar yaa....

0 Response to "Jalur Menuju Pulau Gili Labak Madura"